Ponpes Dar Adz Zakirin Tebas Sambas Telah Dibuka, Siap Terima Santri Perdana

Ponpes Dar Adz Zakirin Tebas Sambas Telah Dibuka, Siap Terima Santri Perdana

Pondok Pesantren Dar Adz Zakirin Tekarang Tebas Sambas siap menerima santri perdana

Tebas
– Dunia pendidikan Islam di Kabupaten Sambas semakin menggeliat. Sebagai bukti, telah berdiri Pondok Pesantren (Ponpes) Dar Adz Zakirin di Dusun Sumber Rezeki Desa Tekarang Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas. Ponpes inipun telah dibuka dan siap menerima santri perdana.

“Kita siap menerima santri perdana atau pertama. Pondok pesantren sudah siap menampung santri baru. Silakan bagi bapak dan ibu yang ingin menyekolahkan anaknya ke Ponpes kita ini,” ajak Pengurus Yayasan TQN Khatibiyah Sambas, Dr Adna Mahdi di rumahnya, Kamis (3/3/2022).

Dijelaskannya, perjuangan untuk mendirikan Ponpes Dar Adz Zakirin ini penuh perjuangan. Berbekal niat dan tekad kuat, akhirnya Ponpes yang terilhami oleh tokoh ulama dunia, Syech Achmad Sambas ini bisa berdiri. Memang masih banyak kekurangan, namun akan terus ditingkatkan.

“Yang penting Pondok Pesantren sudah dibuka dan siap menerima santri baru. Sambil berjalan kita akan terus menyempurnakan pondok ini. Tekad kita agar pondok pesantren ini menjadi pencetak kader Islam militan yang bisa mencerahkan umat,” harap alumni IAIN Pontianak

Lab Komputer sudah disiapkan untuk santri baru

Ponpes yang memiliki lahan 21.100 meter persegi ini akan menerima santri baru untuk jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Aliyah (MA) setara Sekolah Menengah Atas (SMA). Penerimaan santri baru sudah  dimulai 1 Maret 2022 lalu. Pendaftaran terakhir  sampai 9 Juli 2022.

Pendaftaran bisa secara langsung (offline). Bisa juga secara online melalui tautan https://bit.ly/3qT5eQx. Berbagai fasilitas pondok pesantren telah tersedia sehingga dapat menunjang penyelenggaraan pendidikan dengan baik. Untuk saat ini, Ponpes ini memiliki fasilitas ruang guru, ruang kelas baik MTs maupun MA, lab komputer, asrama santri dan santriwati, perpustakaan, ruang UKS, tempat ibadah dan lapangan olahraga.

Para ustaz dan ustazah yang akan mengajar di Ponpes Dar Adz Zakirin

“Kita sudah menyeleksi ustaz dan ustazah yang kredibel. Memiliki keilmuan dan akhlak yang bisa diandalkan. Para pengajar juga dibekali amaliah-amaliah ahlussunnah wal jamaah sehingga basic/dasar pengajaran mengacu pada amaliah-amaliah dari akidah ahlussunnah wal jamaah,” tambah Adnan yang juga seorang dosen.

Visi dari Ponpes ini adalah “Terbentuknya Generasi Unggul yang Berjiwa Mudzakir, Mu’allim dan Muhsin Berlandaskan Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah sebagai Penggerak Kemajuan Peradaban yang Islami”. Para pengajar kebanyakan tamatan Diploma III (D3), S1, S2 dan S3 (doktor). “Insya Allah, kita akan berikan pendidikan terbaik bagi santri dan santriwati agar nanti menjadi kader Islam hebat,” tekad Adnan.

Adnan mengajak warga Sambas dan warga sekitarnya bisa mendaftarkan anak-anaknya ke Ponpes baru ini. “Mereka tidak hanya mendapatkan ilmu dunia tetapi juga ilmu akhirat,” ajaknya. (ros)