Dosen Farmasi FK Untan Gelar Pelatihan Pembuatan Puding Fermentasi di Punggur Besar

Dosen Farmasi FK Untan Gelar Pelatihan Pembuatan Puding Fermentasi di Punggur Besar

Penyerahan kenang-kenangan dari dosen Prodi Farmasi FK Untan kepada ibu-ibu PKK Desa Punggur Besar
Pontianak – Dosen Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas Kedokteran (FK) Untan menggelar workshop atau pelatihan pembuatan puding fermentasi di Desa Punggur Besar Kubu Raya, 5 September 2021 lalu. Peserta pelatihan ini ibu-ibu dari PKK Desa Punggur Besar.

“Workshop ini diikuti kurang lebih 15 orang. Semuanya ibu-ibu dari PKK Desa Punggur Besar. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan ini,” kata dosen Prodi Farmasi FK Untan, Rafika Sari M Farm Apt di kantornya, Selasa (14/9/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan saat dosen Prodi Farmasi FK Untan melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Rafika didampingi Pratiwi Apridamayanti M Sc Apt dan Dr Liza Pratiwi M Sc Apt menjelaskan, makanan fermentasi merupakan makanan kaya gizi. Makanan itu juga bisa menambah bakteri baik dalam usus.

Peserta saat mengikuti pelatihan pembuatan puding fermentasi

Tujuan kegiatan PKM ini adalah memberikan pengetahuan dan pelatihan pembuatan puding fermentasi yang termasuk makanan bergizi tinggi. Melalui kegiatan PKM ini diharapkan dapat menjadi ide bisnis untuk ibu-ibu PKK Desa Punggur Besar dan membuka lapangan pekerjaan,” jelas Rafika.

Lanjut Rafika, kegiatan PKM dilakukan  dengan metode rumah ke rumah dengan jumlah peserta 15 orang. Kegiatan dimulai dengan memberikan kuisioner untuk mengetahui tingkat pengetahuan dasar pada masyarakat tentang puding fermentasi. Setelah itu, menonton video pembuatan puding fermentasi dilanjutkan dengan membaca booklet.

“Sebelum menonton, peserta pelatihan mengisi kusioner dulu. Tujuannya, untuk melihat pemahaman masyarakat. Usai menonton dan membaca booklet peserta mengisi kusioner lagi untuk mengetahui apakah lebih paham dari sebelumnya,” ujar Rafika.

Tahap terakhir ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari dosen Prodi Farmasi kepada  Ibu Ketua PKK. Seluruh proses kegiatan dilakukan dengan protokol kesehatan. (ros)