Dishub Surabaya Bakal Ubah Suara Rambu Penyebrangan 'Rek Ayo Rek"

0
SURABAYA - KP, Suara 'tet tot tet tot' rambu penyeberangan di Kota Surabaya mungkin sudah familiar bagi sebagian besar mereka yang biasa melintas, di jalanan kota metropolitan ke dua ini.

Tapi nanti, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya bakal mengubah suara 'tet tot tet tot' itu dengan lagu.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Ruben Rico, mengatakan Inisiasi mengubah suara 'tet tot tet tot' dengan lagu ini dicetuskan Kadishub Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat.

"Ini sedang kami uji coba di Jalan Tunjungan Plaza. Suara 'tet tot tet tot' itu  kami ganti dengan lagu Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan," kata Ruben, Sabtu (17/2/2018). Mengubah suara rambu penyeberangan, lanjut Robben adalah upaya mengingatkan masyarakat agar memperhatikan rambu-rambu, dan memperhatikan jika akan ada orang menyeberang. "Juga supaya tidak monoton," sambungnya.

Sherly (24), salah satu pejalan kaki yang sedang lewat di Jalan Tunjungan mengaku merasa setuju dengan ide ini. Menurutnya, suara 'tet tot tet tot' sangat tidak enak didengar dan membuat sakit telinga.

"Kadang suara 'tet tot tet tot' itu melengking sekali sampai telinga sakit. Kalau pakai lagu ini, rasanya lebih enak dan jadi ingat Surabaya terus, 'rek ayo rek mlaku-mlaku nang Tunjungan'," jelasnya sambil menirukan suara rambu di Jalan Tunjungan.(har)