Musdes Sepuk Tanjung Penetapan RKP Desa Tahun Anggaran 2022

Musdes Sepuk Tanjung Penetapan RKP Desa Tahun Anggaran 2022

Jamhur, Kepala Desa Sepuk Tanjung Kecamatan Sebawi Kabupaten Sambas
Sambas - Pemerintah Desa Sepuk Tanjung  Kecamatan Sebawi Kabupaten Sambas menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) penetapan Rencana Kerja Pemerintahan (RKP) Desa Tahun Anggaran 2022. Musdes tersebut digelar di Aula Kantor Desa Sepuk Tanjung, Jumat (1/10/2021).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu membuat RKPDes Sepuk Tanjung. Selanjutnya, proses untuk penetapan menjadi Peraturan Desa. Selain alokasi untuk biaya rutin, kita juga memberikan ruang khusus terhadap  kegiatan yang termasuk skala prioritas sebagaimana arahan dari pemerintah pusat dan daerah,” kata Kades Sepuk Tanjung Jamhur, SHI saat membuka Musdes.

Lanjut alumni STIS Pontianak ini, di antara yang selalu  sangat mendapat sorotan peserta rapat adalah pembiayaan infrastruktur. Sebab, pembangunan infrastruktur memang banyak mengeluaran anggaran. “Alhamdulillah  masuk tahun kedua pemerintahan   telah menyelesaikannya,” ungkapnya.

Di antara infrastruktur itu, ada sekitar 750 meter rabat beton ukuran lebar 3 meter, box culvert 3 buah, dinding penahan tanah 140 meter, drainase 280 meter. Tahun 2022 direncanakan selain perawatan jalan desa juga  pembangunan 5 buah box culvert, 240 meter rabat beton dan 113 meter dinding penahan tanah.

Dalam mewujudkan visi misi tak kalah penting bidang  keagamaan. Di tahun ke dua ini selain membantu   dalam hal fisik, sisi ruhiyah dan ibadahnya juga perlu sentuhan. Sekarang  telah membuka Lembaga Tahfiz quran untuk anak anak. 

Kita fokuskan di Masjid Almuttaqin. Salah satu ustadznya Abdullah Nashih Ulwan. Beliau mengatakan walaupun terbilang baru dimulai  kegiatan tahfiz, sudah ada yang hafal dengan baik Surah Arrahman yang dilanjutkan  menghafal mulai juz 1,” jelas alumni Pondok Pesantren Ushuluddin Singkawang ini.

Disamping itu, Pemdes Sepuk Tanjung juga  telah mengirim tiga orang terbaik dari warga Dusun Sepuk Sungai  untuk belajar di Lembaga Tahfiz Quran di Tangerang. Diharapkan nantinya ketika kembali ke sini dapat mengembangkan Tahfiz Quran. “Tidak hanya fisik kita bangun, tapi non fisik juga tidak kalah pentingnya, salah satunya pendidikan agama,” tambahnya.

Ketua BPD Sepuk Tanjung mengapresiasi kinerja Pemdes. Sekarang masyarakat merasakan perbaikan jalan desa yang dulunya masih becek. Hal itu juga dirasakan oleh anak anak yang bermain main dengan sepatu roda. Mudah-mudahan di tahun berikutnya dapat menambah dan meningkatkan pembangunan fisik dan non fisik,” katanya.

Selanjutnya Sekdes Wahyu Firnsyah S.H secara detail satu per satu memaparkan rencana rincian pembiayaan pemdes Sepuk Tanjung tahun 2022. Pemdes dalam hal ini mengakomodir cita-cita  Kepala Desa  yang tertuang dalam visi-misinya agar tiga dusun tersambung dengan jalan alternatif yang membentang dari Dusun Tanjung Putat sampai Sepuk Sungai. Jalan alternatif itu akan dibiayai dana desa dan dianggarkan melalui APBDes.

Sebagaimana sebelumnya Kak Jamhur telah memerintahkan pendekatan kekeluargaan kepada kepala dusun untuk mendata tanah warga yang terdampak   oleh jalan yang akan dibangun yang nantinya bisa menghibahkannya ke desa,” tambah Wahyu.

Setalah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta Musdes menyepakati beberapa hal yang selanjutnya ditetapkan sebagai hasil keputusan bersama. Kesepakatan itu dinamakan RKP Desa Tahun 2022 dan dituangkan dalam Peraturan Desa RKP Desa Tahun 2021 yang dilampiri dengan Berita Acara Musyawarah Desa Pembahasan dan Penetapan. (ros)