Kades Sepuk Tanjung Isi Taushiah Maulid Nabi Muhammad Saw

Kades Sepuk Tanjung Isi Taushiah Maulid Nabi Muhammad Saw

Jamhur saat memberikan taushiah Maulid Nabi Muhammad Saw

Sambas
– Kepala Desa (Kades) Sepuk Tanjung, Jamhur SHI mengisi taushiah Maulid Nabi Muhammad Saw di Masjid Al Huda, 20 Oktober 2021. Kegiatan maulid ini digelar oleh Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Sebawi.

BKMT Sebawi menggelar kegiatan pengajian setiap minggu kedua atau ketiga setiap bulannya. Kegiatan tersebut bergiliran setiap desa di Kecamatan Sebawi Sambas. Kebetulan pas momen Maulid Nabi Muhammad, giliran Desa Tanjung menjadi tuan rumah.

Selain Pengurus dan anggota BKMT, acara ini juga dihadiri Ketua Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Sebawi Medyansyah, S.Pdi, Pengurus UPZ, Perangkat Desa Sepuk Tanjung, pengurus Masjid Al Huda, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sudah menjadi kebiasaan, sebelum acara pokok dimulai, selalu diawali dengan pembacaan  Alquran yang dipilih dari perwakilan tiap desa. Sambil menunggu acara dimulai, nampak para undangan yang telah hadir saling bertegur sapa dan bercengkrama. Maklum saja undangan terdiri dari 7 desa yang  berbeda dan telah lama tidak bertemu.

Tepat jam 8.30 pembawa acara segera membacakan susunan acara. Kata sambutan pertama disampaikan oleh Ketua BKMT,  Maria Medyansyah S.Pdi. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada tuan rumah dan pemerintah Desa Sepuk Tanjung. Beliau yang juga aktif sebagai pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Sebawi mengatakan bahwa kegiatan BKMT hari ini dirangkai dengan lomba Cerdas Cermat sebagai sarana untuk evaluasi sejauh mana pencapaian pemahaman terhadap materi materi dakwah yang telah disampaikan sebelumnya.

“Seperti biasa kita menghadirkan penceramah dari luar. Tapi hari ini kita mohon kepada Kades Jamhur, SHI selain menyampaikan sambutan juga sekaligus memberikan taushiah,” kata Maria yang juga alumni IAIS Sambas.

Para pemenang lomba cerdas cermat

Kades Sepuk Tanjung, Jamhur SHI dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap semua yang terlibat dalam menyukseskan acara ini. Sebelum lebih jauh menyampaikan taushiahnya Jamhur memaparkan pembangunan fisik dan non fisik di desanya  telah nyata bisa disaksikan sendiri dan program yang akan dilakukan oleh Pemerintah Desa.

Jamhur yang juga Ketua Unit Pengumpul Zakat Sebawi ini menekankan pentingnya peran wanita dalam mengemban dakwah. “Saya mengajak ibu-ibu BKMT aktif mendorong suaminya untuk rajin ke masjid. Bagi yang belum pandai baca Alquran, suruh belajar atau ibu sendiri yang mengajarinya,” pinta Jamhur.

Jangan sampai kita terjebak dalam  hal-hal yang masuk kategori khilfiyah, sehingga bisa menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Itu tidak produktif dan menguras energi. Al quran itu sumber energi kebangkitan umat, bisa menghadirkan keberkahan dan ketenangan dalam rumah, maka perbanyaklah baca Alquran,” taushiah Jamhur yang alumni Ponpes Ushuluddin Singkawang ini.

Selain itu, mari kita berbagi kepada saudara saudara kita yang memerlukan, Islam mewajibkan umatnya untuk berzakat bagi yang telah cukup syaratnya,” urai Jamhur sambil menguraikan secara singkat  apa dan bagaimana harta yang masuk wajib zakat. Beliau juga meberikan simulasi singkat menghitung harta yang dizakatkan.

Di penghujung taushiahnya Jamhur memberikan pertanyaan kepada jamaah dan memberikan hadiah sebuah mushhaf Alquran bagi yang bisa menjawabnya. Sebelum berakhir taushiah Jamhur menyerahkan 10 paket sembako kepada anak yatim dan kaum dhuafa yang berada di sekitar masjid Al Huda Sepuk Sungai.

Setelah acara pokok selesai, acara masih dilanjutkan lagi dengan menampilkan lomba Cerdas Cermat. Tampil sebagai pemenang juara 1 Desa Sempalai, juara 2 Sepuk Tanjung dan juara 3 Sebawi. (ros)