BKAD Sebawi Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas LKD dan APD

BKAD Sebawi Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas LKD dan APD

Jamhur (dua dari kanan) mendampingi Camat Sebawi saat pembukaan Bimtek

Sambas
- BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Kecamatan Sebawi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Aparatur Pemerintah Desa (APD) di Hotel Pantura Jaya Sambas, 28-29 September 2021. Bimtek ini diikuti empat desa, yakni Desa Sepuk Tanjung, Sebangun, Sebawi, dan Tempatan.

“Kita sedang mengikuti Bimtek. Desa Sepuk Tanjung ikut sebagai peserta. Bimtek ini jelas sangat penting bagi pemerintah desa,” kata Ketua BKAD Kecamatan Sebawi, Jamhur SHI, Selasa (28/9/2021).

Dijelaskan Jamhur yang juga Kepala Desa Sepuk Tanjung, Bimtek yang diikuti empat desa itu dalam upaya untuk sinergisitas penyelenggaraan pemerintahan desa di Kecamatan Sebawi. Empa desa yang diundang itu terdiri dari unsur RT/RW, LPM, PKK, Karang Taruna, Linmas dan Aparatur Desa.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Camat yang mengeluarkan rekomendasi kegiatan dan memberikan saran dan masukannya. Terima kasih juga disampaikan kepada Kepala Desa yang mengagarkan di Apebedes kegiatan ini,” ucap alumni STIS Pontianak tahun 2010 ini.

Suasana acara pembukaan Bimtek di Hotel Pantura Jaya Sambas

Jamhur yang juga Ketua Unit Lembaga Zakat (UPZ) Kecamatan Sebawi dalam sambutannya berharap agar kegiatan tersebut bisa sebagai sarana untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan dan wawasan. Selain itu, kesempatan ini dimanfaatkan utk menjalin siturahim dengan LKD  dari desa lainnya.

Dalam Bimtek itu dihadirkan narasumber kompeten di bidangnya. Di antara narasumber itu dari Pendamping Desa Kecamatan, Akademisi dari Poltek Sambas dan Praktisi Pemerintah. Usai memberikan sambutan, dilanjutkan dengan sambutan oleh  Camat Sebawi sekaligus membuka Bimtek. Camat memberikan apresiasi BKAD Kecamatan Sebawi bisa menggelar Bimtek. Tentunya ide tersebut sangat kreatif dan sangat membantu pihak kecamatan dalam meningkatan SDM pemerintahan desa. Sementara itu, para peserta Bimtek nampak senang bisa mengikuti Bimtek tersebut. (ros)