UNU Kalbar Kerja Sama dengan SEAMEO dan Pergunu Bidang Teknologi AR

UNU Kalbar Kerja Sama dengan SEAMEO dan Pergunu Bidang Teknologi AR

Penyerahan naskah kerja sama antara Rektor UNU Kalbar, Direktur SEAMEOLEC dan Ketua Pergunu Kalbar

Pontianak
– Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat (UNU Kalbar) telah menandatangani kerja sama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO), 22 April 2021. Bukan hanya dengan SEAMAO tapi juga dengan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kalbar. Kerja sama ini ditangani oleh Rektor UNU Kalbar, Dr Rachmat Sahputra M Si dan atas nama Direktur  
SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC), Renaldo dan Ketua Pergunu Kalbar, Jasmin Haris M Pd di kampus UNU Kalbar.

“Kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dosen UNU Kalbar dalam memberikan perkuliahan. Kerja sama yang lain akan terus kita tingkatkan agar UNU Kalbar semakin maju,” kata Rachmat Sahputra usai menandatangani kerja sama dengan SEAMEO itu.

Penandatanganan MoU itu disaksikan sejumlah dosen UNU Kalbar. Mereka yang hadir sekaligus menjadi peserta Pelatihan Augmented Reality (AR). Sebuah media pembelajaran menggunakan teknologi tiga dimensi (3D).

Pemanfaatan teknologi dalam proses penyampaian informasi mengalami perkembangan pesat. Salah satu teknologi tersebut adalah AR ini. Dalam Bahasa Indonesia disebut Realitas Tertambah. Ini merupakan teknologi yang menggabungkan objek virtual 3D ke dalam sebuah lingkungan nyata. Pada teknologi AR, pengguna dapat menvisualisasikan objek dalam bentuk 3 dimensi,” kata Direktur Pelatihan SEAMEOLEC, Renaldo di hadapan peserta pelatihan.

Dosen UNU Kalbar yang mengikuti Pelatihan AR

Ditambahan Jasmin Haris yang juga Wakil Rektor III UNU Kalbar, p
emanfaatan teknologi ini  diajarkan dalam kegiatan pelatihan itu. Ini merupakan kerja sama SEAMOLEC-Pergunu Kalbar dan UNU Kalbar. Guru-guru yang tergabung dalam cabang Pergunu Kota Pontianak menjadi salah satu pesertanya.

Pemateri dalam pelatihan itu tim SEAMOLEC Indonesia. Pesertanya tak hanya dosen UNU juga dari perwakilan guru utusan Pergunu Kota Pontianak dan Kubu Raya. Kegiatan ini dari 22 - 24 April 2021.

“Dari PC Pergunu Kota Pontianak yang menjadi utusan adalah guru dari MTs ASWAJA, MTs Al Jihad, SMP al Maarif dan MINU 2 Pontianak,” tambah Jasmin.

Melalui Ketua PC Pergunu Kota Pontianak, Sholihin H. Z. memberikan dukungan dan bantuan untuk masing-masing peserta dari Kota Pontianak berupa bantuan kuota Telkomsel sebagai support dan penyemangat untuk para delegasinya.

Pelatihan AR dari dosen UNU Kalbar dan guru utusan Pergunu Kalbar

Apa Itu SEAMEO

SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) adalah salah satu dari 26 pusat yang berada di bawah naungan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) dan memiliki fokus bidang Pendidikan Terbuka Jarak Jauh (PTJJ). Dengan berbagai program yang menjadi tugas intinya, seperti; pelatihan, konsultasi, riset dan pengembangan, dan penyebaran informasi, SEAMOLEC membantu negara-negara anggota SEAMEO untuk menemukan solusi alternatif untuk meningkatkan kualitas manusia melalui PTJJ.

Tujuan SEAMOLEC adalah untuk melaksanakan program-program yang relevan dan responsif terhadap kebutuhan nasional dan regional yang ada melalui pemanfaatan sistem PTJJ. Dalam rangka mencapai visi dan missinya, dan agar selalu mampu menyediakan layanan yang baik dan berkelanjutan di wilayah regional Asia Tenggara, SEAMOLEC selalu berusaha meningkatkan jejaring yang kuat melalui kemitraan dan sinergi dengan  pihak/institusi lainnya. Melalui jejaring yang kuat dan kemitraan yang baik SEAMOLEC akan mampu berkembang semakin besar di masa depan. (ros)