Pilih Jumat Keramat, PDIP Daftarkan Seluruh Kandidatnya ke KPUD

Pilih Jumat Keramat, PDIP Daftarkan Seluruh Kandidatnya ke KPUD

Pontianak – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kalbar segera memasuki babak baru. Pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati segera dihelat. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mendaftarkan seluruh kandidatnya pada hari Jumat (4/9/2020) ke KPUD. 

 “Informasi yang saya dapatkan dari DPD PDIP, seluruh calon bupati dan wakil bupati yang diusung PDIP beserta partai koalisi akan didaftarkan ke KPUD pada hari Jumat. Kenapa hari Jumat? Saya belum tahu apa maksudnya, tapi biasanya kalau Jumat itu keramat,” kata Kepala Badan Pemenangan (BP) Pemilu Kalbar, Tapnus SH MH di kantornya, Rabu (3/9/2020). 

 Menurut Tapanus yang juga anggota DPRD Kalbar, Pilkada sedang memasuki tahapan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati ke KPUD. Ada tujuh kabupaten yang akan menggelar Pilkada serentak, yakni Kabupaten Sambas, Bengkayang, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu dan Ketapang. Seluruh daerah itu, PDIP beserta partai koalisi mengusung kandidatnya sendiri. 

“BP Pemilu memiliki kewajiban untuk memenangkan setiap kandidat yang diusung oleh PDIP. Kita akan berjuang berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Setelah seluruh kandidat mendaftar, kita akan melakukan konsolidasi dengan seluruh kandidat dan timnya. Harapan kita jelas ingin menang,” kata Tapanus. 

Dari jadwal yang diterima BP Pemilu PDIP, tujuh kandidat yang diusung didaftarkan ke KPUD pada hari Jumat. Dimulai dari Kabupaten Sambas, PDIP bersama Nasden dan Perindo akan mengusung pasangan Helman Fachri – Darso. Sebelum daftar, pasangan ini akan melakukan deklarasi pukul 07.30, setelah itu baru mendaftarkan ke KPUD Sambas. 

Kemudian, ke Kabupaten Ketapang. Di negeri ale-ale ini PDIP bersama PAN akan mengusung H Eryanto Harun – Mateus Yudi SE M Si. Pada hari Jumat pukul 08.00 akan melakukan deklarasi dulu di Lapangan Sepak Bola Tanjungpura. Setelah itu baru mendaftar ke KPUD Ketapang. 

Berikutnya ke Kabupaten Melawi, PDIP bersama PAN, PPP, Perindo, PKS dan PKB akan mengusung pasangan H Dadi Sunarya Usfa Yusra – Drs Kluisen. Pasangan ini akan mendaftar ke KPUD Melawi sekitar pukul 13.00. 

Sekarang beralih ke kabupaten paling timur Kalbar, Kabupaten Kapuas Hulu. PDIP bersama PAN akan mengusung Fransiskus Diaan SH- Wahyudi Hidayat ST. Pasangan ini akan mendaftar pukul 13.30 hari Jumat juga. 

Beralih ke Kabupaten Sintang, PDIP berkoalisi dengan PAN akan mengusung pasangan Yohanes Rumpak-Syarifuddin. Pasangan ini akan didaftarkan pukul 13.30 ke KPUD Sintang. Untuk Kabupaten Bengkayang, PDIP berkoalisi dengan PKS mengusung pasangan Martinus Kajot - dr Carlon Dja'far. Sebelum mendaftar, pasangan ini akan melakukan deklarasi dan pengukuhan tim kampanye pukul 09.30 dulu. Sekitar pukul 15.00 barulah mereka mendaftar ke KPUD Bengkayang.

Terakhir, Kabupaten Sekadau. PDIP berkoalisi dengan Golkar, Hanura, PAN, dan Perindo akan mengusung pasangan incumbent, Rupinus – Aloysius. Pasangan ini akan melakukan deklarasi dan doa bersama pukul 9.30. Sekitar pukul 15.00, pasangan ini beserta timnya mendaftar ke KPUD Sekadau. (ros)