Satgas Pamtas 641 Amankan Pick Up Muatan Sapi Tak Bertuan

Satgas Pamtas 641 Amankan Pick Up Muatan Sapi Tak Bertuan


Bengkayang, Rabu (5/2/20) - Saat menggelar patroli untuk mencegah kegiatan ilegal di perbatasan, Personel Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang, pada hari Senin kemarin berhasil mengamankan 1 unit kendaraan dan 1 ekor sapi tak bertuan. Barang bukti tersebut ditinggalkan oleh pengemudinya di tepi jalan area PT Sawit Ledo 1, Kec. Jagoi Babang, Kab. Bengkayang

Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Bru mengamankan kendaraan Daihatsu Gran Max jenis pick-up berwarna hitam dengan nomor polisi KB 8548 MD yang bermuatan 1 ekor sapi yang ditinggalkan oleh pengemudinya.

Dansatgas Pamtas Yonif R 641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono menjelaskan, kronologi kejadian bermula saat personel Satgas Pos Kumba Semunying yang dipimpin langsung oleh Danpos, Letda Inf Akhmad Tarmidi bersama 7 anggota melaksanakan kegiatan patroli wilayah dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

Lanjut Dansatgas, dalam pelaksanaan patroli tersebut tidak ditemukan hal-hal yang menonjol, saat menjelang pagi hari tim memutuskan untuk kembali menuju ke Pos Kumba Semunying. Dalam perjalanan kembali menuju Pos personel yang dipimpin Danpos melihat cahaya dari arah berlawanan yang mendekat, diduga cahaya tersebut adalah kendaraan roda empat. Selanjutnya tim patroli berhenti untuk memastikan kendaraan yang akan melintas.

"Ketika jarak semakin dekat, kendaraan tersebut adalah mobil pick-up yang berjalan lambat dan terkesan membawa beban berat, ketika hendak diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan, pengemudi tersebut tidak memperdulikan sebaliknya melaju semakin cepat melintasi tim patroli, selanjutnya anggota melakukan pengejaran, tidak berselang lama kendaraan didapati sudah berhenti di tepi jalan area PT Sawit Ledo 1 yang ditinggalkan oleh pengemudinya. Setelah dilakukan pengecekan kunci kendaraan tersebut sudah tidak ada diduga sudah dibawa kabur oleh pengemudinya karena ketakutan. Selain itu juga, didapati satu ekor sapi yang dimuat kedalam bak yang posisinya sudah terikat terlentang," jelas Dansatgas.

Dansatgas mengatakan, menyikapi hal tersebut Satgas Pamtas masih melakukan pendalaman tentang siapa pengemudi dan pemilik mobil tersebut, serta apa alasannya lari dari kami. Saat ini untuk barang bukti telah diamankan di Pos Koki Jagoi Babang Lama untuk pendalaman lebih lanjut. (Pendam XII/Tpr)